Nama : EDUWARD HALOMOAN
NPM : 10108659
Kelas : 2KA36
MATERI : TEORI ORGANISASI UMUM 2
TUGAS
SOFTSKILL TEORI ORGANISASI UMUM 2
Ruang Lingkup Ekonomi
1.Definisi
dan metodologi ekonomi ?
Ekonomi adalah ilmu mengenai asas-asas
produksi, distribusi dan pemakaian barang-barang serta kekayaan seperti : hal
keuangan, perindustrian, dan perdagangan.
Metodologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari metode
biasanya metode ilmiah yang berketerkaitan dengan ekonomi, termasuk prinsip tentang pertimbangan
ekonomi.
2. Masalah-masalah yang
mempengaruhi mekanisme harga ?
Faktor-faktor masalah yang sangat mempengaruhi mekanisme harga
adalah krisis financial secara menyeluruh yang menyebabkan penghambatan
ekonomi. Akibatnya suku bunga pada perbankan terus menurun.
3. Definisi sistem ekonomi dan macam-macam sistem ekonomi ?
Sistem ekonomi yaitu sistem atau
hal-hal yang mengatur suatu kegiatan ekonomi yang sedang berlangsung.
Macam-macam sistem ekonomi :
a. sistem ekonomi
sosialis-komunistik
Kebalikan dari sistem ekonomi
liberal-kapitalis. Sumber daya ekonomi dikuasai oleh negara.
b. sistem ekonomi pasar
Individu dan perusahaan bebas
menentukan bagaimana kegiatan ekonomi berlangsung.
c. sistem ekonomi liberal-kapitalis
Sistem yg memberikan kebebasan
kepada pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan bagi kepentingan sumber daya
ekonomi
d. sistem ekonomi terpusat
Kebijakan yang menyangkut produksi,
distribusi dan konsumsi dibuat dan di tentukan oleh pemerintah.
Penentuan
Harga Permintaan dan Penawaran
1.Definisi penawaran dan permintaan ?
Penawaran adalah barang yang ditawarkan untuk dijual dengan tingkat harga yang
bervariasi. Penawaran ini untuk penjual yang menawarkan barangnya kepada
pembeli.
permintaan adalah barang yang akan dibeli atau diminta dengan harga tertentu.
Permintaan disini bagi masyarakat sebagai konsumen yang membeli barang
ataupun jasa.
2. Hukum permintaan dan penawaran ?
Hukum penawaran
adalah semakin tinggi harga semakin banyak jumlah barang yang bersedia
ditawarkan. Sebaliknya semakin rendah tingkat harga semakin sedikit jumlah
barang yang bersedia ditawarkan.
Hukum permintaan
adalah semakin turun tingkat harga maka semakin banyak jumlah barang yang
tersedia diminta dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit
jumlah barang yang bersedia diminta.
3. Faktor yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran ?
Faktor yang
mempengaruhi permintaan :
a. Harga barang itu sendiri
b. Harga barang komplementer (pelengkap)
c. Jumlah Pendapatan perkapita
d. Selera konsumen
e. banyaknya penduduk
Faktor
yang mempengaruhi penawaran :
a. Harga barang tertentu
b. Harga barang pengganti
c. Biaya produksi barang
d. Kemajuan teknologi
e. Besarnya Pajak
a.
Menjelaskan apa yang mempengaruhi
pergeseran kurva permintaan dan penawaran ?
Hal yg dapat mempengaruhi pergeseran kurva
penawaran:
v Rata-rata pendapatan konsumen. Apabila pendapatan naik, setiap orang akan cenderung lebih konsumtif maka
membeli lebih banyak meskipun harga barang tidak murah.
v Ukuran pasar. Kota yang populasinya lebih besar biasanya akan membeli lebih banyak daripada
kota yang populasinya kecil.
v Harga dan ketersediaan produk-produk yang
berkaitan. Salah satunya yang penting adalah produk substitusi.
Misalnya, permintaan mobil berukuran sedang akan rendah apabila harga mobil
berukuran kecil murah.
v Pengaruh-pengaruh khusus. Contohnya : permintaan produk jersey bola menjelang musim kompetisi bola.
Hal yang dapat mempengaruhi pergeseran
kurva penawaran :
v Harga input. harga input
contohnya mesin dan material mempengaruhi biaya produksi. semakin rendah
harganya, semakin banyak kuantitas yang bersedia diproduksi.
v Kebijakan pemerintah. Kebijakan seperti pajak, teknologi yang boleh atau tidak boleh digunakan,
lingkungan sosial, biaya upah, dan lain-lainnya.
v Pengaruh-pengaruh khusus. Misalnya cuaca mempengaruhi produksi pertanian, dorongan yang tinggi akan
inovasi menghasilkan produk inovatif, dll.
v Tingkat teknologi yang digunakan. Teknologi berkaitan dengan biaya produksi. Perkembangan teknologi yang
mengakibatkan menurunkan biaya produksi. Semakin rendah biaya produksi atas
suatu produk semakin banyak jumlah yang diproduksi atau dijual.
4. Penentuan harga keseimbangan ?
Harga keseimbangan
adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva
penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan
hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen). sehingga
penentuan harga keseimbangan itu dipengaruhi oleh produsen dan konsumen. Disaat
produsen mematok harga tinggi, konsumen akan cenderung tidak membeli (tidak sepakat) sehingga
mengakibatkan tidak seimbangnya penentuan harga. dan sebaliknya, konsumen yang
meminta harga sangat rendah, memaksa produsen untuk tidak memberikan barangnya
karna akan rugi (tidak sepakat) sehingga
mengakibatkan tidak seimbang penentuan harga.
Sumber :
-
Buku ekonomi karangan yudhistira
Tidak ada komentar:
Posting Komentar