25 Pertanyaan Tentang Teori Organisasi Umum
1. Mengapa manusia cenderung untuk mengatur dan mengorganisasi kegiata– kegiatannya?
Karena manusia memiliki keterbatasan kemampuan yang menyebabkan manusia tidak dapat mencapai suatu tujuan tanpa kerjasama.
2. Sebutkan dan terangkan beberapa alasan untuk mempelajari organisasi secara formal!
Untuk pencapaian tujuan tertentu dan cenderung muncul dalam situasi dimana orang – orang menyadari manfaat organisasi sebagai suatu jalan terbaik pelaksanaan kegiatan kolektif.
3. Teori organisasi klasik telah menimbulkan dampak bagi organisasi – organisasi sampai sekarang, coba sebutkan beberapa contohnya!
µ Organisasi menjadi sangat tersentralisasi
µ Tugas – tugasnya terspesialisasi
µ Memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku
µ Tidak mengandung kreatifitas
4. Henri Fayol seorang industrialis merupakan salah satu tokoh teori administrasi, dalam bukunya menyatakan bahwa semua kegiatan industry dapat dikelompokan menjadi berapa, sebutkan!
µ Perencanaan
µ Pengorganisasian
µ Pemberian perintah
µ Pengkoordinasian
µ Pengawasan
5. Dalam buku – buku literature, manajemen ilmiah sering diartikan berbeda, terangkan perbedaantersebut!
µ Pendapat I : Manajemen Ilmiah merupakan penerapan metode ilmiah pada studi, analisa dan pemecahan masalah – masalah organisasi.
µ Pendapat II : Manajemen Ilmiah adalah seperangkat mekanisme /
teknik “a bag of tricks” untuk meningkatkan efisiensi kerja organisasi.
6. Mengapa banyak bidang – bidang teknik industry, manajemen industry dan manajemen personalia diilhami oleh karya – karya Taylor?
Karena karya – karya Taylor banyak mengemukakan 4 kaidah dasar manajemen yang harus dilaksanakan dalam organisasi perusahaan, yaitu:
µ Menggantikan metoda – metoda kerja dalam praktek dengan berbagai
metode yang dikembangkan atas dasar ilmu pengetahuan tentang kerja yang ilmiah & benar.
µ Mengadakan seleksi, latihan – latihan dan pengembangan para karyawan secara ilmiah.
µ Pengembangan ilmu tentang kerja serta seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah harus diintegrasikan.
µ Untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah, perlu dikembangkan semangat dan mental para karyawan.
7. Menurut teori organisasi klasik adanya suatu organisasi bergantung pada 4 kondisi, sebutkan dan terangkan!
µ Kekuasaan
µ Saling melayani
µ Doktrin ( rumusan tujuan organisasi )
µ Disiplin ( perilaku yang ditentukan oleh perintah )
8. Mengapa teori neoklasik secara sederhana dikenal sebagai teori hubungan manusiawi ( the human relation movement )?
Karena teori ini dikembangkan atas dasar, menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya.
9. Apakah teori neoklasik merupakan teori baru seperti teori klasik?
Ya. Karena teori neoklasik dikembangkan dari teori klasik.
10. Bagaimanakah pandangan teori neoklasik terhadap organisasi informal?
Organisasi merupakan sekelompok orang dengan tujuan bersama.
11. Dalam teori organisasi modern dikemukakan bahwa organisasi merupakan system terbuka, apa maksudnya?
Semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi berkaitan dengan lingkungan yang stabil.
12. Menurut teori modern organisasi sebagai suatu system terdiri atas beberapa unsure, sebutkan!
µ Manusia
µ Kerja sama
µ Tujuan
µ Peralatan
µ Kekayaan alam
µ Kerangka / konstruksi metal organisasi
13. Kualitas – kualitas apakah yang merupakan kerangka filosofi untuk mempelajari organisasi sebagai suatu system?
14. Apa yang dimaksud dengan proses komunikasi, keseimbangan, dan proses pengambilan keputusan dalam teori organisasi
modern?
Komunikasi, konsep keseimbangan, dan proses pengambilan keputusan merupakan 3 kegiatan proses hubungan universal yang selalu muncul pada system manusia dalam perilakunya berorganisasi.
15. Apa alasannya organisasi formal diibaratkan sebagai sebuah kendaraan untuk menacapai tujuan secara bersama?
Karena dalam system organisasi formal, antara struktur dengan proses
organisasi merupakan satu kesatuan dan berkaitan erat. Struktur organisasi walaupun hanya menyajikan kerangka bangunan organisasi, tetapi merupakan suatu subsistem penting.
16. Mengapa tidak ada suatu cara desain yang “ampuh” untuk segala kondisi?
Karena perlu diperhatikan 3 tipe lingkungan berbeda yang mempengaruhi desain organisasi, yaitu :
µ Lingkungan stabil : lingkungan dengan sedikit atau tanpa perubahan yang tidak diperkirakan atau secara tiba – tiba.
µ Lingkungan berubah ( changing environment ) : lingkungan dimana
inovasi mungkin terjadi dalam setiap atau seluruh bidang.
µ Lingkungan bergejolak ( turbulent environment ) : lingkungan
dimana sering terjadi perubahan secara drastis.
17. Apa peranan manajer proyek dalam organisasi proyek secara umum?
µ Organisasi proyek individual, hanya terdiri atas manajer proyek
dan tidak mempunyai kegiatan.
µ Organisasi proyek staf, manajer proyek mempunyai staf pendukung.
µ Organisasi proyek intermiks, manajer proyek mempunyai personalia
staf dan dipilh kepala – kepala fungsional utama.
µ Organisasi proyek agrerat, manajer proyek mempunyai semua
personalia.
18. Bagaimanakah pendapat Scott dan Mitchell tentang pengertian kata pengaruh, sebutkan contohnya!
Merupakan suatu transaksi social dimana seorang atau kelompok orang
digerakkan oleh seorang atau kelompok orang yang lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi.
19. Sebutkan dan terangkan 5 sumber atau basis yang diidentifikasikan oleh French dan Roven!
µ Kekuasaan balas jasa ( reward power )
µ Kekuasaan paksaan ( coercive power )
µ Kekuasaan sah ( legitimate power )
µ Kekuasaan ahli ( expert power )
µ Kekuasaan panutan ( referent power )
20. Bagaimanakah
tipe pendekatan teknik – teknik kreatif dalam pengambilan keputusan?
µ Brainstorming : untuk menggali dan mendapatkan kreativitas maksimal dari kelompok dengan member kesempatan anggota untuk mengemukakan ide – idenya.
µ Synechcs : didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan.
21. Bagaimanakah pula kritik terhadap teknik brainstorming, terangkan!
µ Hanya dapat diterapkan pada masalah – masalah keputusan sederhana.
µ Sangat memakan waktu dan biaya.
µ Hanya menghasilkan ide – ide dangkal.
22. Apakah yang dimaksud dengan proses Minaut dalam pengambilan keputusan?
Proses untuk menerapkan empat proses dasar yang rasional dalam penggunaan dan penyebaran informasi mengenai masalah organisasi yang diterapkan secara sistematik tentang,
• menilai dan menjelaskan
• sebab akibat
• melakukan pilihan
• mengantisipasi masa depan
Oleh karena itu, prosesnya dibedakan menjadi empat tipe yaitu :
1. Analisis situasi (pengenalan masalah, pemisahan masalah, penetapan
prioritas, dan penempatan)
2. Analisis persoalan (merumuskan, menguraikan, menyaring informasi, menguji sebab yangmungkin dan melakukan verifikasi)
3. Analisis keputusan (merumuskan pernyataan keputusan, menentukan sasaran, mengembangkan dan mengevaluasi alternative, dan menganalisa konsekuensi atau resiko)
4. Analisis persoalan potensial (mengidentifikasi daerah kritis/lemah,
mengidentifikasi persoalan potensial menyimpang, mengidentifikasi sebab yang mungkin dan mengidentifikasi tindakan penanggulangan).
23. Apa sebab timbulnya organisasi informal?
Karena adanya kebutuhan – kebutuhan penting yang bersifat manusiawi (human needs) yang harus dipenuhi dan ternyata tidak dapat dipenuhi oleh organisasi formal. Berikut ini kebutuhan – kebutuhan yang mendasari terbentuknya organisasi informal :
Kebutuhan social
Rasa memiliki dan pengenalan diri
Pengetahuan tentang perilaku yang diterima
Perhatian ( simpati )
Bantuan dalam pencapaian tujuan
Kesempatan berpengaruh dan berkreasi
Pelestarian nilai – nilai budaya
Komunikasi dan informasi
24. Apakah yang dimaksud dengan “jendela johari”, dikemabangkan oleh siapa?
Johari Window atau Jendela Johari merupakan alat yang dikembangkan oleh
dua orang ahli psikologi yaitu Joseph Luft dan Harry Ingham pada tahun 1955.
Alat ini dikembangkan untuk memperbaiki interaksi antar manusia yang belum saling mengenal supaya dapat saling mengenal dan mengetahui dan memperkecil kemungkinan konflik.
25. Bagaimanakah maksud dari model teori proses motivasi kerja?
Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong
keinginan individu untuk melakukan kegiatan – kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.
Motivasi merupakan masalah yang kompleks dalam organisasi karena
kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi adalah berbeda – beda dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.
Motivasi dapat ditimbulkan baik oleh factor internal maupun eksternal tergantung dari mana suatu kegiatan dimulai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar